Saturday, 30 March 2013

Kaulah yang Pertama dan Satu-satunya


Kegiatan kampusku yang padat membuatku harus bepikir dua kali untuk pergi meluangkan waktu untuk bermain. Bahkan hanya keluar untuk sekedar belanja keperluan sehari-hari rasanya masih sulit. Pokoknya benar-benar padet deh...  

COMPLICATED THINGS
Aku harus pergi kerumah sakit untuk praktek klinik, aku juga punya kesibukan sebagai fotografer dalam majalah kejurusanku yang harus segera dirilis, dan lagi aku harus membuat laporan ini-itu setiap harinya, tinggal di asrama yang tidak memperbolehkanku keluar di hari selain hari dan jam keluar semakin mempersulitku
Bak dikejar roda yang tiada henti-hentinya, ada saja kesibukanku sebagai seorang mahasiswi. Kesibukan ini tak akan berhenti, sampai aku lulus sebagai mahasiswa. Untuk menghadapi roda di belakangku ini, maka aku dan otakku juga harus berputar.


Menjadi Fotografer

Tentu saja! 
Aku memang punya minat dalam hal ini, aku juga suka hal-hal berbau jurnalistik. Tapi satu hal yang menitikberatkanku adalah "KAMERA". Saat itu aku belum memiliki sesuatu yang bisa mengabadikan sebuah gambar yang disebut sebagai kamera itu. Aneh kan? Fotografer kok ga punya kameraAkhirnya aku  memutuskan untuk membeli kamera dengan uang tabunganku sendiri yang jumlahnya seadanya.. fiuh~

Mengingat saat ini aku masih tinggal di asrama dengan segala kesibukanku sebagai mahasiswa, yang tak memungkinkan jika harus hunting kamera ke sana kemari sampai mendapatkan kamera yang sesuai keinginanku dengan harga terjangkau. 


Berawal dari surfing tentang berbagai spesifikasi kamera di internet, akhirnya saya menjajaki toko yang tak nampak wujud bangunannya, apalagi namanya kalo bukan toko online.  Baru lah saya ingat kalau ini pertama kalinya saya membuka situs jual beli online, karena sebelumnya saya sama sekali tidak tertarik dengan toko fiksi seperti ini. Tahu sendiri kan? Tokonya saja tidak berbentuk apalagi barangnya? 

Setidaknya itulah yang dulu sempat menghambatku untuk mengakses situs jual beli online.

Padahal yang kerja cuma mata sama tangan, kaki juga sama sekali gak jalan kemana-mana tapi ternyata lelah juga ya mengobrak-abrik isi toko online?
Tak lama kutemukan salah satu situs jual beli kamera, kit dan segala peralatan lainnya yang terlengkap dan terpercaya mulai dari yang muahal buanget sampai yang paling murah.
Sebut saja nama situs tersebut sebagai "Bunga" halah. Tapi diliat dari angkanya kalau menurutku sih harga yang tercantum di situs Bunga tersebut masihlah mahal, maklumlah saya juga mau beli kan pake uang tabungan sendiri.
Karena terlalu banyak kategori kamera, saya sendiri jadi bingung. Lagian ngapain sih liat-liat kalau duitnya kurang? (-_-)



Terjebak dalam Keranjang Oranye
Usahaku ternyata gak putus sampai disana, keesokan harinya masih nyoba lagi dan gak sengaja masuk ke situs online berlogo keranjang berwarnya oranye yang kemasukan huruf "Z". Dan itulah saat pertama kalinya saya masuk di Lazada, mungkin bulan Juli 2012 saya juga lupa.  :) 


Setelah saya tahu bahwa  ternyata Lazada tidak hanya situs jual beli kamera atau gadget saja, ternyata ada bermacam-macam kategori bahkan terdapat kategori Buku di sana. 

Tapi sayangnya saat itu bukan buku yang ingin saya cari. 

Kembali ke fokus awal, dan ketemulah saya dengan FujiFilm FinePix S2950 (sudah tidak dijual lagi di mana-mana *hiks).  Dulu antara kamera DSLR, SLR, Pocket, dan Prosumer belum dipisahkan. Sekarang malah tambah banyak lagi kategori barang di Lazada. 

Sedikit bingung sih awalnya aku pikir FujiFilm FinePix S2950 adalah kamera SLR karena diliat dari fitur dan tombolnya yang lebih sedikit rasanya aneh kalau dibilang kamera SLR.

Setelah mencari tahu dan tanya sana-sini sama tean-teman blogger, ternyata jenis kamera FujiFilm FinePix S2950 adalah jenis kamera Prosumer. 
Karena sudah jatuh cinta dengan kamera beresolusi 14 MP ini ditambah lagi biaya ongkir yang gratis,  belum lagi ada potongan 50ribu untuk pelanggan newsletter baru (sayang vouchernya lupa saya masukin :( )
Akhirnya percaya tidak percaya, langsung saja saya masukkan satu buah FujiFilm FinePix S2950 ke troli, sign up sebagai pengguna baru, kemudian tinggal isi data-data dengan lengkap sampai check out. Gyahah ternyata seperti ini kah belanja online? Cukup gampang bukan?

Hari selanjutnya saat  berada di kelas, saya dikagetkan dengan sesuatu yang bergerak di kantong saya, oh ternyata itu adalah handphone saya. Hahah!

Namun yang anehnya nomor yang memanggil adalah nomor baru. Karena sedang tidak ada dosen langsung saja saya angkat panggilan tersebut. 

Seseorang di sana menyebutkan namanya adalah Yuda (kalau saya tidak salah ingat) sekilas saya ingat dengan nama teman sekolah saya kira-kira teman SMP atau SMA ya? Kemudian Rasa Penasaranku pun ditepis olehnya, bahwa ternyata kalau Mas Yuda ini adalah salah satu Customer Service dari Lazada.  #OH

Panggilan tersebut ternyata hanya sekedar konfirmasi mengenai barang yang akan saya pesan yakni FujiFilm FinePix S2950, dengan harga @Rp1.699.000,00 sebanyak 2 buah sehingga total menjadi Rp3.398.000,00. 

 " Dua buah? kayaknya saya kemaren cuma pesen satu deh mas? kok jadi dua yah?" pernyataan yang cukup membuat kaget. Namun setelah saya ingat-ingat ternyata kemarin saya memang iseng-iseng pencet tombol ini-itu, wal hasil berubah deh jumlah yang saya pesan. Jadi saya jelasin deh ke Mas Yuda kalau pesanan awal saya batalkan dan saya akan pesan lagi.

Setelah memesan ulang, keesokan harinya saya kembali ditelfon oleh salah seorang CS Lazada. Karena saat itu saya  berada dirumah, sore harinya saya bersama Ayah pergi ke ATM BCA untuk melakukan pengiriman uang. Untuk kesekian kalinya Ayah mengingatkan saya apakah saya benar-benar yakin untuk melakukan transaksi ini. Karena salah seorang teman Ayah saya punya pengalaman buruk soal Online Shop, pernah ditipu gitu.
Sempat aku berpikir, ini pertama kalinya aku melakukan belanja via online, menggunakan uang tabunganku. Pokoknya udah mikir yang macem-macem deh, padahal udah didepan ATM tuh!
Langsung deh keinget sama domain yang digunakan Lazada adalah domain resmi "co.id", dan perhatian dari CS Lazada. Ini lah yang semakin memantapkanku untuk melakukan transaksi maya ini :)


Muncul Keraguan Setelah Melakukan Transaksi

Tak sampai disitu Ayahku menakut-nakutiku. Sampai beberapa hari selanjutnya Ayahku terus menanyakan
 "Barangnya udah sampai?",
"Barangnya dah nyampe apa belum?",
"Udah sampek mana kameranya?". 
Yaelah... Segitu khawatirnya Ayahku ini, bahakan melebihi Ibuku.

Dulu Lazada menjanjikan pengiriman paling cepat adalah 2 sampai 4 hari, saya heran kok udah 3 hari barangnya gak nyampek-nyampek? Rasanya isi kepala udah mau keluar semua termasuk otak tengahnya. 
Karena sudah tak tahan lagi, saya telfon deh CS Lazada. Naaah, di sini ketahuanlah kalau saya itu tulait.  Kenapa? Karena saya baru ingat kalau saya belum melakukan konfirmasi transaksi pesanan saya dengan nomor order 200044232 *hoalah!! peace deh haha


Kamera milik sendiri, dari keringat sendiri, beli sendiri :D

Barang akhirnya datang seminggu setelah saya melakukan pemesanan, meskipun bukan tangan ini yang pertama kali menyentuh, tapi tangan pak satpam. It's ok, yang penting belum diperawanin sama pak satpamnya. :D


Hasil foto Pupi



Karena sudah tidak sabar bagaimana bentuk FujiFilm FinePix S2950, buru-buru saya buka bungkusan, sobek sana sobek sini. Bungkusannya sih gak ribet, rapi kok malahan. 

Cuma keras, kok bisa?

Jadi, kamera ini memang sudah terbungkus koleh kardusnya sendiri. Karena saya mendapatkan bonus Bag+Memori, kemudian ditambah lagi dengan kardus berwarna biru tua bertuliskan Lazada dibantali oleh potongan kertas berwarna kuning. Lalu bagian pojok-pooknya di balut dengan potongan kardus yang  lebih aman. Benar-benar dijamin aman, jadi kamera baru saya tidak leceti semili pun. 

Setelah bungkusan berhasil dibuka, terlihat sebuah kamera kecil mirip miniaturya SLR. Dan inilah Prosumernya FujiFilm "FinePix S2950", segera aku buka fanpage Lazada dan berkomentar pada salah satu postingannya untuk mengucapkan terima kasih karena barang sudah sampai dengan selamat *yaiy! horeee!!


Jasa Pupi untuk Majalah Jurusanku

Berkat si Pupi, sebutan untuk kamera FujiFilm FinePix S2950 milikku pribadi dan pertamaX. Majalah edisi petama dari jurusanku berhasil diterbitkan. Hoala senang rasanya namaku tercantum sebagai fotografer di sana. Kualitas gambarnya cukup baik kok, tergantung dari mana kita mendapatkan anglenya dan seberapa besar pencahayaan. Sedikit-sedikit aku semakin tahu dunia fotografi, ini juga berkat Lazada loh!

Mahasiswi dan Makalah dan Laporan-laporannya
Siapa sih mahasiswi itu? Miris banget kayaknya?
Siapa lagi kalau bukan saya?
Sebenernya pekerjaan membuat laporan atau makalah itu sudah menjadi hal yang lumrah bagi mahasiswa seperti saya. Sialnya printer di rumah sudah habis masa berlakunya, maksudnya udah rusak loh. Wah ini nih yang nambah-nambahin pengeluaran, harus ke tukang rental cuma buat ngeprinin makalah-makalahku yang setumpuk. Kalau begini caranya tekor mamang dek!
Beruntunglah Ayahku yang berjasa walaupu gak ada tandanya memberiku uang 400ribu untuk mebeli printer baru. Seneng sih bakal punya printer baru, tapi 400ribu? Apa cukup? Insyaallah cukup deh.


IP2700 yang setia menemani mengerjakan tugas-tugasku

Taraaa
Dan apa yang terjadi? Rejeki emang gak kemana, Lazada bekerja sama dengan Telkomsel. Sesyuwatuh banget gitu GSM dan Toko online yang kupercaya membangun sebuah "power" haha!
Jadi ketentuannya kalau poin telkomselnya sudah mencapai 50 bisa ditukar dengan voucher 50ribu untuk minimum purchase 250ribu. Dan poin 100 bisa ditukar dengan voucher lazada senilai 100ribu untuk minimum purchase 500ribu. 
Keberuntungan memang telah berpihak padaku, voucher 100 ribu berhasil ku dapatkan. Langsung saja menuju situs Lazada.co.id menuju ke kategori printer, Canon IP2700 seharga 415ribu (kalo gak salah) telah terpilih. 

Nah biar vouchernya bisa digunakan, maka harus nambah barang lagi biar pas atau lebih dari 500ribu. Oke, kini pilihan dijatuhkan kepada Flashdisk Kingston 16GB. Totalnya lebih dari 500ribu sih,  tapi ujung-ujungnya kan total dikurangin sama voucher 100ribu tadi. So anggep aja beli printer dapet bonus flashdisk, kan lumayan :D

Printer pun datang lima hari kemudian, namun sungguh malang...
Alamat yang kugunakan saat itu adalah alamat asrama, kebetulan pas saya tidak berada di tempat. Mas-mas kurir FirstLogisticsnya bingung sama alamat saya, dan takut salah anter... hihi
Jadi saya musti jelasin panjang lebar dan detil-detilnya alamat asrama saya tersebut, untunglah barang sampai juga. *maaf ya mas ngerepotin :D

Ketagihan Belanja di Lazada
Selain beli kamera, saya juga membeli buku, printer dan flashdisk. Rasa ketagihan saya ternyata lebih besar dibanding dengan rasa kapok. 

Beberapa fraktur dari Lazada yang masih tersimpan


Ya rasa kapok belanja di Lazada juga pernah saya rasakan. Jujur saja saya sempat kapok belanja di Lazada karen proses packing dan pengirimannya terlalu lama. 

Kemudian saya bisa mengerti dan paham, bahwa pengiriman yang terlambat bisa terjadi di situs jual beli online mana pun. Dan itu bukan karena salah Lazada, mungkin ekspedisinya memang terjebak dalam kemacetan panjang atau ada libur sehingga status pengiriman menjadi pending. 
Apalagi sekarang ini pelanggan di Lazada makin banyak.

Satu hal yang tak terlupakan, saya pernah membeli satu buah flashdisk kingston 16GB yang kala itu ongkirnya masih gratis.Tebak apa yang saya dapatkan? Tentu saja barang sampai di tangan bahkan dalam waktu 2 hari saja ?! 
Salut 4 jempol deh buat Lazada ;)

Mempromosikan Lazada kepada Teman-teman
Sebenernya bukan kewajiban untuk promote ke temen-temen sih, tapi aku emang udah jatuh cinta pada Lazada sejak pertama kali ketemu dan pertama kali belanja. 
Jadi kalau ada orang yang mau beli via online gitu, ya saya saranin belanja di Lazada, kenapa? karena di Lazada punya 7B+
* Barangnya dijamin Ori
* Bergaransi
* Ber-ongkir gratis, gak perlu capek-capek bawa belanjaan dari mall kan?
* Bisa melakukan pengembalian barang bila terjadi cacat bawaan (dulu 30 hari)
* Berkomitmen memberikan servis dan pelayanan terbaik bagi pelangganya melalui pengiriman dan pembayaran yang aman
* Berdiskon banyak,
* Berkategori terlengkap, mulai dari peralatan bayi, sampai dewasa, keperluan indoor sampai outdoor
* BerPROMISE, merupakan program yang ditawarkan oleh Lazada, spesial untuk menjamin kepuasan pelanggan meliputi jaminan harga terbaik, kepuasan pelanggan dan jaminan pengiriman.


Tahukah kalian? Tenyata dari sekian banyak teman facebookku akulah yang pertama menyukai Lazada dibanding mereka *hahaha mereka kalah cepat


Kaget juga si sekarang Lazadians hampir mencapai 500ribu, teman-temanku juga udah banyak yang pada nge-like Lazada.


Pernah ada salah seorang temanku punya problem yang sama, dia juga kepingin beli kamera SLR. Karena uang yang ia miliki lebih banyak dariku, ia kemudian menetapkan pilihannya kepada Canon EOS 1100D



Kenangan Berbelanja di Lazada





Nggak kerasa Lazada, Online Shop yang pertama kali saya akses sampai check out hampir berumur 1 tahun dan ini berarti sebentar lagi Pupi juga bakalan berusia satu tahun. Kini Pupi sudah menghasilkan banyak jepretan dan ratusan foto. Dan tahun ini juga akan segera diterbitkan majalah jurusanku edisi kedua. Jadi tunggu saja... :D









Comments
2 Comments

2 comments:

Habis baca jangan lupa tinggalkan komentar ya ;)

 
Copyright © 2015 Daridan Veins. Powered by Blogger.