Tuesday, 30 April 2013

Karena Sehat & Bugar, Aku Siap Belajar


Apakah kamu merasa lesu dan tidak semangat? Bagaimanakah prestasimu di sekolah atau kampus? Kemampuan kognitif dan kemampuan fisik berperan penting dalam kesiapan belajar di sekolah. Supaya tidak sering absen karena sakit-sakitan, maka anak haruslah sehat. Agar dapat berkonsentrasi dalam menangkap dan merespon pelajaran maka kita harus bugar. Kesehatan, kebugaran, dan asupan gizi  merupakan unsur utama yang harus diperhatikan dalam mempersiapan fisik anak untuk belajar.

1. Asupan Gizi dan Nutrisi
Harus mencukupi baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.
Seperti postingan saya sebelumnya, sarapan pagi perlu untuk menjaga agar kadar glukosa darah tetap normal selama jam sekolah. Menjaga kadar glukosa sangat penting untuk berkonsentrasi saat pelajaran berlangsung .
Jika kadar glukosa darah menurun maka metabolisme otak akan terganggu, dan menyebabkan kita merasa lapar dengan timbul beberapa gejala seperti gelisah, gemetar, serta mengeluarkan keringat dingin. Mulai deh pasti kita akan akan menghayal tentang makanan yang membuat ia tak berkonsentrasi dalam pelajaran
Makan makanan yang sehat seperti makanan rendah karbohidrat dan protein tinggi serta sayuran dan buah-buahan organik tanpa pestisida, pengawet atau bahan kimia lain sangat penting untuk kebugaran baik dari sisi mental maupun fisik.  
Saat istirahat sekolah atau kuliah merupakan saat yang baik bagi untuk menjaga kadar glukosa darah dengan menambah asupan gula atau karbohidrat yang lebih kompleks, seperti misalnya roti, nasi, kentang atau mie.
Maka dari itu biasakanlah sarapan, untuk mencukupi kebutuhan energi Anda dan juga akan mengurangi keinginan untuk ngemil khsusnya camilan yang tidak sehat. Selain itu, penting juga untuk meninggalkan makanan olahan atau cepat saji.

2. Kebersihan
Kulit, gigi, dan rambut merupakan indikator kebersihan seseorang. Biasakan cuci tangan atau pakai hand sanitizer sebelum makan agar terhindar dari kuman berbahaya penyebab penyakit.
Mandi minimal dua kali sehari, bisa dilihat hasilnya seperti apa kalau kita jarang mandi. Pasti bau busuk :D
Untuk kebersihan pakaian, terutama pakaian dalam, harus selalu ganti setiap kali mandi. 
Lingkungan yang menjadi tempat tingal kita juga harus senantiasa dijaga kebersihannya, jadi silahkan sapu atau pel hunian Anda.

3. Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat punya peran terpenting untuk mencapai kebugaran. Benar saja, karena semua akibat yang terjadi dalam diri dan tubuh kita bermula dari tindakan sekecil apapun yang telah kita perbuat.
Mulailah hari-hari Anda dengan bertindak dan berpikir sepositif mungkin.
Tidak ada ruginya kan kita berbuat hal yang positif? Anda pun akan tetap sehat sepanjang hari.
a. Menghadapai stres
Menghadapai stres juga akan membuat pikiran dan tubuh tetap sehat, yang jelas hadapilah stress itu dengan bersikap sabar :)
Belajarlah untuk menghargai hidup dan selalu bersyukur atas yang telah diberikan Tuhan kepada kita, karena ini akan dapat membuat Anda lebih bahagia, dan membantu menjauhkan pikiran negatif yang membuat tubuh dan kulit tidak sehat. Cobalah untuk lebih mencintai apa yang sudah Anda dapatkan. Pikiran positif membuat Anda selalu tampak lebih muda. Anda menjadi cantik dari dalam ke luar.
b. Jauhi Makanan Berkimia
Kimia yang saya maksud adalah seperti bahan pengawet, pewarna bahkan beracun seperti yang terkandung dalam junk food dan fast food yang bisa berdampak buruk pada tubuh kita. Hindari juga alkohol dan rokok yang sudah jelas kita tahu apa dampak negatifnya.
c. Olah Raga
Minggu Pagi Sehat dengan Penuh Semangat Bersama :)


Mulailah dengan berolah raga minimal seminggu sekali. Hanya dengan berlari-lari kecil atau berkeliling rumah menggunakan sepeda untuk meningkatkan daya tahan jantung paru, kekuatan dan ketahanan otot, yang merupakan unsur kebugaran yang perlu disasar dalam membina kebugaran jasmani. 
d. Perawatan Kecantikan
Seperti yang kita ketahui, panas bumi yang semakin lama semakin meningkat, sinar UV pun kini semakin berbahaya bigi kulit kita. Gunakan tabir surya yang aman dan tidak mengiritasi kulit. 
Gunakanlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan kulit kita, salah-salah pilih kosmetik bisa menimbulkan berbagai komplikasi seperti iritasi, alergi dan gatal-gatal.
Klik disini untuk mendapatkan produk perawatan jerawat alami berkualitas di lazada.co.id
e. Istirahat yang cukup
Butuh waktu tujuh sampai delapan jam untuk kualitas tidur terbaik setiap malam.

5. Berbahagialah
Habiskan waktu bersama keluarga atau teman dan belajarlah untuk menghargai hidup dengan tersenyum pada hal-hal kecil dalam hidup.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Habis baca jangan lupa tinggalkan komentar ya ;)

 
Copyright © 2015 Daridan Veins. Powered by Blogger.