Saturday, 31 January 2015

Merawat Rambut Berhijab


Sebagaimana firman Allah di atas, sudah tentu kewajiban saya sebagai seorang muslimah untuk menutup aurat termasuk menutupi rambut dengan menggunakan jilbab.  Meskipun tertutup  jilbab, bukan berarti aku gak punya masalah rambut lho karena sudah aman dari sengatan matahari dan polusi. Kenyatannya banyak sekali masalah rambut yang pernah aku hadapi setelah memakai hijab, seperti rambut menjadi lembab, ketombe, rontok atau patah, lepek, dan kulit kepala berminyak.



Awalnya aku sih cuek-cuek aja dengan masalah-masalah rambut dan kulit kepala yang aku hadapi, toh orang lain pun tidak tahu karena ramput sudah tertutup oleh jilbab. Tapi semakin ditahan lama-kelamaan semakin gak karuan dan aku juga gak tahan.

MEMECAHKAN MASALAH MULAI DARI AKARNYA

Dan benar saja masalah yang timbul itu penyebabnya juga gara-gara si empunya rambut itu sendiri. Mau tidak mau aku harus merubah kebiasaan burukku

1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Sebenernya aku gak terlalu diribetin punya rambut panjang plus pake jilbab. Soalnya tinggal gulung-gulung dan iket san taraaa. Rambut pun gak keluar-keluar lagi. Tapi yang jadi masalah ternyata kalo ngiket rambutnya terlalu kenceng bisa bikin rambut kita jadi rapuh, gampang patah dan rontok. Kebiasaan jelek ini juga bisa bikin jaringan tisu di kepala jadi tegang. Gak heran deh kalo ngiket kenceng-kenceng jadi sakit kepalanya. Selalu jaga kerapian rambut dengan menyisirnya sebelum dan sesudah menggunakan jilbab untuk meminimalisir kerontokan.


2. Pakai Jilbab Selagi Rambut Masih Basah
Yaa gimana yaa.... Kalo udah buru-buru mau berangkat kuliah atau kerja tapi abis keramas dan rambutnya belum kering. Kalo punya hair dryer mah tinggal colok aja kering dah tuh rambut. Lah kalo aku modal kipas angin keburu kepotong gaj.
Oh iya... Tadi udah aku bilangin kan, kalo rambut walaupun dalam keadaan kering trus diikat terlalu
kencang bisa bikin rambut jadi rapuh dan patah.  Nah ternyata rambut yang basah lebih rapuh daripada rambut kering. Ditambah lagi masih basah-basah diiket pula, kacau dunia perambutan. Terlalu banyak gesekan antar rambut yang basah bisa bikin rambut gampang rontok. Gak menutup kemungkinan juga loh bagi kulit kepala kalian yang mudah berkeringat.
Rontok melulu nih ya yang dibahas?! Eh tau gak darimana asalnya ketombe pada wanita berhijab? Seperti yang kita udah ketahui yah kalo bakteri dan jamur itu memang sukanya sama tempat yang lembab dan basah. Sama halnya di dalam jilbab, keadaan rambut basah yang menjadi lembab saat ditutup dengan kain jadi sarang favorit bakteri dan jamur. Dan ini lah ternyata faktor pemicu munculnya jamur pada kulit kepala seperti ketombe, dan memicu perkembangan bakteri yang dapat membuat rambut berbau tidak sedap saat jilbab dibuka. *kemudian collapse*

3. Rambut Juga Butuh Udara
Dulu pas jaman kuliah dan masih tinggal di Asrama ada peraturan harus memakai jilbab saat keluar kamar sekalipun. Secara aku kan bukan anak kamar yaaa aku ini masih anak ibu, sering ngelayap ke kamar temen bahkan sampe pulang maen dari kamar temen pun ketiduran pun masih pake jilbab. Namanya juga peraturan ya harus ditaati. 
Pernah denger sih katanya maksimal memakai jilbab itu 8 jam. Karena rambut itu juga butuh bernapas meen! Paling enggak kan kita luangkan sedikit waktu saat berwudhu untuk melepas hijab agar pori-pori kulit kepala bisa bernafas. Melepaskan ikatan rambut saat akan tidur juga harus. Biarkan rambut terurai bebas agar memberi kesegaran dan mengurangi kelembaban pada kulit kepala. Memberikan udara segar pada rambut ternyata bisa mengurangi kelembaban kulit kepala penyebab ronto dan ketombe. 

4. Gonta-ganti Shampo Yang Kandungaannya Gak Tepat
 Sebenernya aku kurang ngerti rambut aku ini jenis rambt apaan. Bisa dibilang kering tapi kadang bisa lepek juga. Entahlah... Yang jelas kita musti jeli dalam hal pemilihan shampo. Untuk rambut berminyak sebaiknya hindari penggunaan shampo dengan conditioner  karena akan membuat rambut semakin lembab dan pastinya ketombe yang tak diundang punakan datang, sering-sering aja dikeramasin.Sebaliknya untuk rambut kering dianjurkan untuk memakai shampo dan conditioner yang khusus untuk rambut kering.

5. Model Hijab Yang Ribet
Pilih model hijab yang simpel aja gak sah ribet-ribet  yang penting nyaman dan dapat memberi ruang bagi kulit kepala untuk bernapas. Pilih hijab yang bahannya dingin dan mudah menyerap keringat kayak sutra, rayon, katun dan kaos. Biar apa? Biar kulit kepala gak lembab karena keringat. Bahan sutra dan voile baik untuk menghindari terjadinya gesekan yang terlalu keras pada rambut.

 6. Makan Apa Aja Yang Penting Kenyang
Ditengan padatnya rutinitas kerja yang baru-baru ini aku jalanin, jujur aja aku gak begitu meratiin berapa banyak junk food yang udah masuk ke sistem pencernaan tubuh ini. Gak bisa dipungkiri loh sista... antara makanan yang kita makan sangat erat pengaruhnya dengan kesehatan rambut. Untuk itu menjaga kesehatan rambut juga harus dimulai dari dalam dengan  mengonsumsi makanan rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin B dan vitamin C, asam lemak omega-3, zinc, serta zat besi. 
Biasanya untuk menutrisi rambut secara langsung kita mungkin pilih creambath aja ya sista. Tapi iya kalau ada waktu senggang, kalo enggak? Atau gimana kalo kita males keluar rumah karena cuaca yang gak mendukung? Masih pengen creambath kah?

Gak perlu jauh-jauh ke salon mahal kok buat memenuhi nutrisi rambut kita. Karena pake Ellips aja cukup kok :)

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Artikelnya bagus banget ... Dulu aku juga pernah punya masalah rambut kusam dan sulit diatur. Tapi syukurlah berkat Ellips, rambutku jadi lebih halus, lembut, sehat, dan bercahaya bagai terlahir kembali seperti pengalamanku di http://queenmeiri.blogspot.com/2015/01/rambut-bagai-terlahir-kembali.html :)

    ReplyDelete
  2. ah iya rambut kering tanda tak sehat, alangkah baiknya kita luangkan waktu untuk perawatan hair spa dirumah :)

    ReplyDelete

Habis baca jangan lupa tinggalkan komentar ya ;)

 
Copyright © 2015 Daridan Veins. Powered by Blogger.