Monday, 16 March 2015

Bobok Nyenyak Ala Miss Hatchim

Assalamu'alaikum!
Hi Pals!
Kebayang gak sih kalo kalian bakal pernah punya alergi dingin, debu, atau alergi bulu hewan yang lantas bikin kamu terus bersin-bersin berkepanjangan bahkan sampai lebih dari sepuluh kali??
Yak itu aku banget pemirsah!


 Saat bangun tidur di pagi hari gak layaknya orang-orang normal yang merasakan nikmatnya menghirup yang namanya udara segar di pagi hari. Aku mah apa acuh? Malah terbersin-bersin karena hawa dinginnya itu. Giliran udah siang masih bersin juga gara-gara debu-debu yang berterbangan. Di malam hari pun hawa dingin kembali mengenderuwoi. Ohemjii

Dulunya aku enggak ngeh kalo aku punya alergi sama debu dan dingin. Tahunya pas berobat ke dokter spesialis THT karena aku ngerasa hidung mancung aku yang mampet parah, radang gilak dan pusing kepayang #nahh

Trus dokternya nanya
"Kalo pas dingin sama kena debu suka bersin-bersin ya?"
"Yah iya dok", wuih hebat nih dokternya langsung tahu kayak dukun :v
Ternyata sifat ke-alergian seseorang itu bisa dilihat dari menghitamnya kantung bawah mata kita!

Capek gak sih bersin-bersin terus tiap ngirup debu?

Yah jelas capek lah gaes! 
Faktanya saat kita bersin, hidung dan mulut kita akan mengeluarkan benda asing  (kuman, upil, ingus, bulu idung yang rontok, batu akik, dll) dengan kecepatan hingga 160 km/jam per jam dan bisa melempar benda asing tesebut hingga 9 m. Bayangin aja kalo naik motor pake kecepatan segitu bakalan habis bensin berapa liter???

Ngomongin soal naik motor, saat dalam perjalanan dengan mengndarai motor. Gak jarang juga aku ter-bersin-bersin padahal udah pake masker loh. Apa gak dahsyat tuh? Parahnya lagi terkadang juga gak sengaja bersin saat tidur di malam hari yang trus bikin aku spontan kebangun dan susah buat tidur lagi. Ohemjii syalah dedek apaan mak? T,T

Tapi kini keadaan sudah berbeda meeen! Aku yang makin kekinian ini punya tips supaya kita para pengidap alergi debu bisa tidur nyenyak bebas rintangan.


"RUMAHKU SURGAKU, KAMARKU ISTANAKU"
 Buat kamar yang kita huni serapih dan sebersih mungkin, setidaknya supaya kita nyaman. Alergi bisa disebabkan karena kondisi kamar yang biasa kita jadikan sebagai tempat tidur dan istirahat tidak bersih. Ini menjadi kewajiban bagi saya untuk selalu membersihkan kamar tidur secara rutin.
 
1. RAPIHKAN TEMPAT TIDUR

sunah loh vroh.


Ini adalah ritual pertama dan harus dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari dan sebelum berbaring di tempat tidur. Pokoknya enggak ada alasan buat kamu untuk tidak melipat selimut dan merapikan bantal dan sprei di pagi hari.

Ganti sprei, sarung bantal dan tirai secara rutin

Aku gak bisa matok kapan waktu maksimal mengganti dan mencuci sprei, sarung bantal dan tirai di kamar. Karena yang namanya kotor itu gak kenal waktu, tapi paling tidak ganti maksimal seminggu sekali ya. Oh iya nyucinya usahakan dengan air panas biar kuman-kuman pada mati. Seprai, sarung bantal dan khususnya tirai adalah media yang mudah ditempelin sama debu-debu nakal yang bisa menjadi pusat alergen penyebab  macam-macam masalah kesehatan.


Selain bantal dan kasur kapuk, karpet juga pembawa masalah

Sebelum divonis punya alergi debu, aku memang udah jauh-jauh hari gak pernah mainan sama kasur, bamtal dan boneka yang berisi kapuk. Karena emang udah jelas, baru jarak berapa meter sama kapuk aja langsung bersin-bersin. Selain bantal dan kasur yang berbahan kapuk, karpet juga merupakan penyebab timbulnya alergi. Selain debu ada penyebab alergen lain seperti tungau, karena karpet adalah tempat favoritnya. Amannya sedotin aja deh pake vaccum cleaner tiap hari, janganl lupa untuk menjemur bantal dan kasur.  

 Dilarang menyimpan terlalu banyak benda di dalam kamar
 Untuk orang yang suka menyimpan benda-benda unik dan lucu seperti boneka dan berbagai hadiah dari teman. Terlalu banyak benda yang di gantung, dipajang dan bergeletakan di kamar malah bikin sarang debu dan nyamuk, aku pun kewelahan sendiri dibuatnya karena harus telaten ngebersihin dan mencuci boneka satu per satu. Akhirnya aku punya inisiatif untuk memisahkan ruang belajar dan kamar tidur.

"KEBUTIN KASUR"

Kebutin itu maksudnya bukan naikin kasur ke atas mobil trus kita bawa ngebut-ngebutan yah gaes. Sebenernya entah dari mana bahasa "kebutin" itu tapi kayaknya bahasa jawa, yang jelas itu sudah kebiasaan yang dilakukan Ummi sebelum me-nina-bobo-kan akuu sewaktu kecil. Jadi maksunya "ngebutin kasur" itu caranya dengan menggunakan kain sarung atau selimut kecil kemudian di arahkan ke kasur sambil diayunkan. Buat ngilangin debu, kotoran dan serangga yang ada di atas kasur.
2. Isi perut biar gak perih kayak hati yang kosong

Isi perut di sini maksudnya bukan makan nasi beserta lauk pauk empat sehat lima sempurna ya. Tapi cukup dengan minum susu hangat segelas sebelum gosok gigi. Cari ini efektif banget buat nahan laper di malam hari. Aku yang notabene suka bangun tengah malem karena lapar dadakan dan gak pikir panjang buat ngambil cemilan dari dalem kulkas. Duh gagal diet deh. Hehehe  :p


3. Ritual "15 Menit Makin Cantik"

Wkwkwk... Entahlah selain aku mungkin ada orang lain yang punya kebiasaan seperti ini. Sebelum cuci muka biasanyaku apel malam menghadap cermin trus mencetin jerawat, pake masker, kalau enggak pake peeling muka. Gak sering sih, paling enggak seminggu dua kali tiap tindakan. Hehehe. Yang jelas dan pasti aku lakuin sebelum tidur malam adalah sikat gigi, cuci muka, cuci kaki, pake krim malam, dan oles body lotion. Harum dari produk-produk kecantikan yang aku pake ini jadi aroma terapi yang lembut mampu menenangkan pikiran.


4. Pake kaos kaki 

Kita gak mau berangkat sekolah kok, tapi beneran mau tidur. Lah ternyata kebiasaan ini punya banyak manfaat loh. Selain menghangatkan kaki, bisa megurangi keringat berlebih pada kaki dan bisa terhindar dari  pertumbuhan jamur pada kulit yang bisa mengakibatkan infeksi pada kaki. Karena saat menggunakan kaos kaki kelembaban kaki kita tetap terjaga, ini menjadikan kaki semakin halus dan mulus loh~


5.Kill the light!

 

Ini nih bagian yang paling penting sebelum memenajmkan mata dan berdoa sebelum tidur. Matikan lampu kamar kalau perlu matikan juga handphone (berhubung gak punya smartphone). Risih banget rasanya kalo pas lagi tidur ada cahaya lampu, apa lagi terkadang kebiasaan baca buku nyampe ketiduran dan lampu lupa dimatiin. Duh pesti kebangun sekitar jam dua malem tuh dan pasti kepala udah puyeng-puyeng. Penting banget ternyata mematikan lampu saat tidur ini, tubuh akan memproduksi sebuah hormon yang berfungsi untuk kekebalan tubuh yang disebut dengan melatonin.


6. Karena obat nyamuk bakar terlalu kekunoan, yang semprot sudah mainstream

Sedikit cerita waktu lagi jaga dinas malam di klinik yang waktu itu luar biasa banyak banget nyamuknya. Sampai terpaksa beli obat nyamuk bakar di warung sebeleh dan hasilnya apa kau tahuu? Itu bau asap obat nyamuk bakar sampai ngeresep ke dalam rambut aku. Belum lagi abu sisa pembakarannya itu, bisa bikin nambah-nambahin alergiku kumat. Kalau pakai obat nyamuk semprot kelamaan pake didiamkan 15 menit baru kita bisa masuk ruangan. Antum sekalian bisa pake lotion anti nyamuk atau obat-nyamuk elektrik yang wangi itu loh. Ada kan?


 Yup begitulah kira-kira tips dari saya selaku Miss Hatchim.
Semoga tidurmu nyeyak
Wassalam~


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Habis baca jangan lupa tinggalkan komentar ya ;)

 
Copyright © 2015 Daridan Veins. Powered by Blogger.